Tanya-tanya Beasiswa-Part 3

Ganti orang lagi. 😀

 

  • Ada yang bilang, dapat beasiswa studi di luar negeri itu susah loh. Apa benar begitu?

Susah iya, tapi kebanyakan orang bilang susah duluan sebelum mencoba, tanya-tanya sebelum membaca detil informasi beasiswanya. Sebenarnya gak susah kalo kita udah mencoba, proses mencoba berarti udah melangkah maju pada tujuan yang diinginkan.

Setelah tahu rasanya mencoba disitu kita paham, ketemu hasil entah rejected atau cadangan, setelah itu lanjut paham apa yang mesti dilakukan -perbaikan atau give up!! We decide. 🙂

  • Saat ini sedang mendapatkan beasiswa apa ya? Bisa disebutkan nama program beasiswa, durasi program, dan negara tujuannya?

Saya mendapat beasiswa Erasmus+ “Experts Sustain”. Selama satu semester (5 bulan), di Masaryk University, Brno, Czech Republic.

  • Kenapa tertarik mengikuti program beasiswa Erasmus Mundus? Menurut kamu, apa sih kelebihan dari beasiswa Erasmus Mundus ini dibandingkan dengan beasiswa luar negeri lainnya?

 

Awalnya gk pernah ada kepikiran pengen nginjak benua Eropa, berawal dr iseng, karena beasiswa Eropa sedang booming di kampus saya, lama-lama terjerumus juga tertarik dengan Beasiswa Eropa ini, karena saya staf IRO (International Relation Office) khusus menangani program ini. Menjadi jembatan UNI Eropa Jakarta untuk presentasi2 beasiswa ini di Jawa Timur.

Awalnya belum ada pengalaman sama sekali tentang beasiswa ini, dan merasa kurang pede, pas udah panjang lebar jelasin tentang beasiswa ini, ujung2nya ditanya, “ Mbaknya udah ke negara mana?” itu sih yg jd motivasi saya.

Kelebihannya: gak ada ikatan dinas, gak ada batasan umur (tapi beberapa institusi pasti akan mempertimbangkan juga), untuk Program full degree mahasiswa berkesempatan untuk kuliah gak hanya di satu kampus aja bahkan bisa sampai di 7 Universitas dan beda negara (tergantung konsorsium program tsb). Motto Erasmus Mundus (sekarang Erasmus+) versi para alumni: part-time student full-time traveler, jalan-jalan dibayarin pulang bawa gelar.  😀

 

  • Untuk bisa sukses mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus (baik S1, S2, S3 atau Exchange Program) di luar negeri, apa aja yang harus dipersiapkan oleh teman-teman yang ingin mendaftar?

 

Syaratnya sama seperti beasiswa beasiswa lainnya: Toefl (itp, ibt or ielts), motivation letter, recommendation letter, dll. Yang paling penting itu gak gampang menyerah. Itu kuncinya. Menghargai proses, (gagal sekali dicoba lagi, aplikasi diperbaiki lagi, les Toefl, tes lagi).

 

  • Berdasarkan pengalaman, hal-hal apa yang menjadi faktor keberhasilan sebuah aplikasi beasiswa dapat diterima (lolos seleksi)?

 

Saya bukan termasuk orang yang jenius atau yang pinter-pinter banget. Kata beberapa temen deket saya, kamu itu lolos karena faktor luck !!! hahahaha. Toefl yang saya pakai untuk mendaftar program ini juga gak bagus-bagus amat. Mungkin karena gigih terus mencoba dan percaya Tuhan itu Maha Mendengar, Maha Melihat. Usaha diiringi do’a dan do’a ORANG TUA.

Satu lagi, tulis aplikasi kamu apa adanya. Jangan nulis yg lebay-lebay. Pembaca itu gk bodoh. Dari tulisan, mereka bisa menilai orang. Just be yourself. Sembari apply apply beasiswa, hidup tetap harus berjalan, tetap produktif, nambah kegiatan yang bermanfaat, nambah prestasi, jadi CV pun jadi lebih keren. 🙂

 

  • Apakah benar, untuk mendaftar beasiswa Erasmus Mundus, selain bisa Bahasa Inggris, kita juga diharuskan untuk menguasai bahasa negara yang akan menjadi tujuan kita belajar? Misalnya bahasa Italy, atau Polandia?

 

Secara personal, alangkah lebih baiknya begitu, terlebih lagi negara-negara Eropa. Memudahkan berkomunikasi dan di kelas beberapa dosen masih menjelaskan dengan bahasa lokal. Tapi secara umum, untuk program Erasmus, tidak terlalu menekankan. Toh kita disini fully English. Dan English sudah mendunia, bukan untuk para pelajar aja.

 

  • Sejauh ini tantangan selama belajar di Eropa (khususnya di negara tujuan) yang dialami sendiri apa aja?

 

Awalnya merasa takut, bakal jadi yang tertinggal, ternyata gak seburuk itu, atmosfir pembelajarannya positif, kita jadi percaya diri untuk delivering ide ide kita. Di Masaryk University system pembelajaran sudah bagus, International class banyak tersedia, jadi dosen fully speaks English, dosen disini menghargai proses bukan hasil akhir. Overall positif.

 

  • Selain belajar/kuliah, aktivitas lain selama berada di kampus apa aja ya?

Traveling 😀

Les Piano 😀

Dari awal saya sudah register mata kuliah yang memang tidak terlalu memberatkan dan memang bermanfaat dan lebih practical, such as: methodology, visiting school, practice teaching, grammar, kelas yoga, teaching children. Semua subject suka. Tugas-tugas memang banyak SEKALI, tapi saya merasa gak keberatan, toh useful buat saya juga tugas-tugas yg diberikan. Enjoy your life.

  • Apakah dibolehkan, bagi penerima beasiswa Erasmus Mundus untuk “nyambi” atau nyari kerjaan part-time diluar jam kuliah? Kenapa?

 

Pastinya gak boleh, karena visa kita visa belajar. Tapi sempet kepikiran, pengen karena udah gak ada kegiatan sama sekali saat ini. Tapi belum terealisasikan terhambat jadwal travelling :0

 

  • Apa Tips Sukses Meraih beasiswa Erasmus Mundus dari kalian untuk temen-temen dan pembaca di tanah air?

 

Gak gampang putus asa, nothing to lose untuk mencoba, TERUS berusaha dan berdo’a gak akan mengkhianati hasil, berbakti dan manut apa kata orang tua, selalu minta support dan dukungan, percaya sama diri sendiri, jangan banyak tanya. Baca website. Hahahhahhaha.. 😀 😀

***

Demikian sedikit curcol seputar Beasiswa dari tiga orang kawan yang saat ini sedang belajar di Negeri Orang. Semoga bermanfaat khususnya bagi teman-teman yang saat ini sedang berburu beasiswa.

Sukses on your future-move! 🙂

 

Arasyid Harman

 

 

 

 

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s