Menemukan tiga ‘cahaya’ dalam sebuah buku

Setelah sholat shubuh pagi ini, saya menyempatkan diri untuk membaca sebuah buku yang saya pinjam dari Sekolah tempat saya bertugas. Dari judulnya, saya merasa tertarik untuk membacanya. Buku ini adalah kumpulan catatan harian sang penulis yang kemudian dibukukan.

“Spirit Iqra” judul buku tersebut yang ditulis oleh Pak Hernowo, salah satu penulis buku-buku best-seller terbitan Mizan. Cukup lama juga usia buku ini. Diterbitkanpada tahun 2003. Buku catatan harian ini ia tulis selama bulan Ramadhan tahun 2001 silam. Ia menuliskan catatan-catatan harian ini via email yang ia share ke mailing-list rekan-rekan kerjanya.

Itu sedikit gambaran tentang buku kecil yang saat ini (sedang) saya baca. Saya ingin menuliskan apa yang saya temukan pada bab pembuka buku catatan harian Pak Hernowo ini.

Setidaknya saya juga merasakan hal yang sama, bahkan mungkin juga lebih, dari apa yang saat itu dirasakan oleh penulis. Apa yang dirasakan oleh Pak Hernowo yang juga dirasakan oleh saya pribadi yang juga membaca tulisan beliau? Keguncangan dan kekaguman jiwa dan raga yang luar biasa akan sang Pencipta, Allah Subhanahu Wata’ala.

Terpesona. Ya terpesona. Saya terpesona ketika saya menemukan tiga ‘cahaya’ yang tertulis dalam buku ini. Cahaya yang merupakan hadis dari Rasulullah SAW. Tiga ‘cahaya’ ini teramat indah dan sarat makna serta pemberi harapan dan kekuatan bagi kita semua yang mengaku beriman kepada Allah Swt, Tuhan semesta Alam.

Tiga hadis tersebut (dua hadits tergolong hadits Qudsi) saya kutipkan di bawah ini.

HADITS PERTAMA

“Setiap malam, Tuhan kita yang Maha Suci lagi Maha Agung ‘turun’ ke langit dunia, yaitu ketika malam hanya tinggal sepertiga yang terakhir.
Ketika itu Dia berfirman, “Siapa yang ingin berdo’a kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan untuknya. Siapa yang (ingin) bermohon kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan permintaanya. Siapa yang akan memohon ampunan-Ku, niscaya akan Kuampuni.” (H.R. [Hadits Riwayat] Bukhari, Muslim, Malik, At-Tirmidzi, dan Abu Daud).

HADITS KEDUA (HADITS QUDSI)

“Aku akan memperlakukan hamba-Ku sesuai dugaan (prasangka) hamba-Ku. Aku bersamanya apabila ia menyebut (nama)-Ku. Apabia ia menyebut-Ku di dalam hatinya, Aku menyebutnya di dalam diri-Ku. Apabila ia menyebut-Ku di dalam khalayak, Aku menyebutnya di hadapan khalayak yang lebih baik daripada khalayak itu.
Apabila ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Apbila ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Apabila ia datang kepada-Ku dengan berjalan perlahan, Aku datang kepadanya dengan berlari.” (H.R. Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

HADITS KETIGA (HADTS QUDSI)

“Wahai putra-putri Adam, selama kalian berdo’a kepada-Ku dan mengharapkan ampunan-Ku, Aku ampuni untukmu, apa yang kalian telah lakukan di masa lampau, dan Aku tidak peduli (berapa banyak pun dosa kalian).
Wahai putra-putri Adam, seandainya dosa-dosamu telah mencapai ketinggian langit, kemudian engkau memohon ampunan-Ku, Aku ampuni untukmu. Seandainya kalian datang menemui-Ku membawa dosa-dosa seluas wadah bumi ini, dan kalian datang menjumpai-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu, niscaya Aku datang kepadamu dengan pengampunan seluas wadah itu.” (H.R. At-Tirmidzi dan Imam Ahmad).

Itulah tiga ‘cahaya’ yang saya temukan di awal bab pembuka buku “Spirit Iqra”. Sungguh mempesona bukan? Semoga tiga ‘cahaya’ ini bisa menjadi pelita dalam (sisa) perjalanan hidup kita di dunia yang semakin hari semakin menua ini.

Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga saya akan menemukan ‘cahaya-cahaya’ yang lain di lembaran atau halaman berikutnya. Dan mudah-mudahan saya juga menemukan ‘cahaya-cahaya’ di tempat dan dari sumber yang berbeda.

Salam Cahaya dari pedalaman Sumatera

@arasyidharman

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s