Notes to my Dearest Students #1

Notestomydeareststudents#1

Anak-anak, belajar itu butuh ketekunan dan semangat. Kalian tentu tahu akan hal itu. Namun ada satu hal yang juga tak kalah pentingnya, yaitu niat.

Kalian belajar niatnya untuk apa? Dan untuk siapa?

Apakah kalian belajar niatnya hanya ingin memperoleh nilai yang bagus? Supaya bisa dibelikan hadiah oleh orang tua kalian?

Atau malah kalian tidak tahu apa niat kalian kalian menuntut Ilmu? Saya berharap kalian semua tahu niat kalian belajar.

Dan sebaik-baiknya niat itu adalah niat yang disandarkan kepada yang Maha Kuasa, Tuhan Penguasa Alam Semesta.

Pastikan niat kalian dalam menuntu Ilmu hanyalah mencari keridhaan Allah semata. Karena semua Ilmu Pengetahuan adalah milik-Nya. Kalian harus ingat, tanpa kasih sayang-Nya kalian takkan mungkin bisa belajar dengan baik.

Niatkan untuk belajar segala sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi diri kalian sendiri, orang tua, sahabat, dan semua orang. Karena Ilmu yang kalian pelajari hanyalah sebuah amanah dari Allah Swt yang suatu saat nanti akan diminta pertanggung jawabannya.

Sekecil apa pun Ilmu yang kalian pelajari akan sangat bernilai dan bermanfaat apabila kalian mengajarkannya kepada orang lain. Dan sebesar atau setinggi apa pun Ilmu yang kalian miliki tidak akan berarti apa-apa jika kalian tidak membagikannya dengan yang lain. Belajarlah dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dari hari ke hari. Bukan untuk mencari pujian dan penghargaan manusia, tapi untuk mencari pujian dan penghargaan dari Dzat yang telah menciptakan manusia.

Anak-anak, niat itu sendiri adalah hal yang paling utama dalam segala aktivitas atau perbuatan kita. Semua amal perbuatan yang kita lakukan itu tergantung dari niatnya. Kalau niatnya baik maka hasilnya pun akan baik, begitupun sebaliknya.

Jadi, mulai saat ini luruskan niat kalian dalam menuntut Ilmu. Niatkan untuk mencari keridhaan Allah Swt, Tuhan yang mengajarkan apa-apa yang tidak kalian ketahui sebelumnya.

Dan jika Allah sudah ridha, kalian akan memperoleh rahmat dan ampunan yang tak berkesudahan. Jalan kalian dalam menuntut Ilmu akan dilapangkan dan dimudahkan. Sungguh, tak ada yang mustahil di dunia ini jika Allah telah berkehendak.

Mantapkan niat kalian untuk menuntut Ilmu dengan sunguh-sungguh. Karena niat itu adalah salah satu kunci sukses tidaknya kalian dikemudian hari.

Sekali berniat, niatkan dengan sepenuh hati. Semoga Allah Swt selalu membimbing kalian dan kita semua dalam menuntut Ilmu untuk mengagungkan kebesaran-Nya.

Salam,

your dearest Teacher,

@arasyidharman

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s