5 Hal penting sebelum memulai sesuatu

Banyak orang yang berkata, “untuk memulai sesuatu itu sulit, tapi lama-lama juga tar terbiasa”,  atau begini, “mulai saja, awalnya emang berat, tar lama-lama juga terbiasa.”

Yap! memulai suatu hal yang belum pernah kita kerjakan atau lakukan memang berat. Terkadang, lebih berat dari mengatakannya. Seberapa sering kita melakukan atau memulai suatu aktivitas yang akan kita jadikan sebagai kebiasaan namun berakhir dengan sia-sia?

Sering banget ya? 😀

Tenang, you’re not alone. Mari kita bicarakan masalah ini dengan hati yang tenang dan pikiran yang terbuka. Ok?

Baiklah. Mari kita lanjutkan saudara-saudara.

Kalau berdasarkan pengalaman saya pribadi, memulai suatu aktivitas atau apalah itu namanya akan berhasil menjadi sebuah kebiasaan yang nantinya akan menjadi bagian dari kehidupan keseharian, akan berhasil kalau kita menerapkan [setidaknya] lima hal. Apa itu?

Pertama, Niat. Yap! Niat itu penting, sangat penting malah. Dengan niat yang benar dan kuat, maka kita akan mudah untuk menjalani apa pun yang akan kita lakukan yang nantinya akan kita jadikan sebagai kebiasaan kita.

Contoh, kita ingin menjadikan membaca buku sebagai kebiasaan harian. Sebelum memulainya, maka niatnya harus bener. Niatnya buat apa baca buku tiap hari? Kenapa kok tiap hari? Kenapa ga tiap akhir pekan aja? Semakin jelas alasan kita dalam memulai suatu hal, maka semakin jelas dan kuat juga niat kita.

Kedua, Tujuan. Kalau ga ada tujuan yang jelas dalam melakukan sesuatu, ya percuma. Ga ada gunanya. Buang-buang waktu & tenaga saja. Pastikan dan tetapkan dengan jelas apa tujuan atau goal (s) kita sebelum bertindak atau melakukan suatu hal. Dengan adanya tujuan, kita ga akan goyah. Karena fokusnya udah jelas mau apa & mau kemana.

Ketiga, Manfaat. Sebenarnya hal ini adalah inti utama yang menjadikan seseorang mau melakukan suatu hal. Ya, manfaatnya. Selalu bertanya pada diri, “Apa sih manfaatnya bagiku?” atau “Kalau aku ngelakuin/ngerjain ini apa ya manfaat yang bisa aku dapat?”, dan seterusnya.

Kalau perlu buat catatan dalam bentuk daftar tentang manfaat-manfaat yang didapat ketika kita melakukan suatu hal yang akan kita jadikan sebagai kebiasaan baru kita. Semakin banyak manfaat yang didapat baik bagi diri sendiri maupun orang lain, semakin baik. Kalau udah jelas manfaatnya, just do it! 😉

Keempat, Konsisten. Setelah kita memantapkan niat, menetapkan tujuan, dan menuliskan manfaat, dan melakukan suatu kebiasaan baru, maka untuk berhasil kita harus konsisten.

Yap! Konsisten. Apapun yang kita lakukan dan yang sedang kita perjuangkan untuk menjadi sebuah kebiasaan yang positif dalam hidup kita tidak akan berbuah manis atau berhasil kalau kita tidak konsisten dalam menjalankannya.

Konsisten itu penting. Dalam prosesnya, akan selalu ada hambatan yang akan menjadikan kita berfikir, “wah kayaknya aku ga sanggup nerusin hal ini…”. atau “hmm berat juga ya, aku nyerah aja deh..” dan berbagai alasan lainnya yang akan mendorong kita berhenti melakukan kebiasaan baru tersebut.

Selain itu lingkungan di sekitar kita juga akan mempengaruhi. Kalau kita tidak berkomitmen, ya semua akan berakhir di tengah jalan. Pastikan untuk berkomitmen dengan sepenuh hati. Ga setengah-setengah.

Kelima, Sabar. Kok sabar? ya iya. Kalau ga sabar, ya berat. Ini ceritanya melakukan suatu hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Butuh kesabaran dalam menjalaninya dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan. Dengan kesabaran, InshAllah semua akan berjalan dengan lancar dan pada akhirnya akan berbuah manis.

Akhirnya, sebagai penutup saya ingin mengutip sebuah peribahasa yang sangat sederhana namun sangat membumi, “Ala bisa karena biasa”. Kita semua pasti sudah ga asing lagi dengan peribahasa ini bukan?

Yup. Semua karena kebiasaan. Seberat dan sesulit apapun sesuatu itu, akan menjadi mudah kalau kita sudah terbiasa dalam melakukannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Regards,

mysignaturee

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s