Resolusi Tahun Baru

Salam… 🙂

Sudahkah teman-teman menyusun resolusi di tahun baru nanti? Kalau belum kenapa tidak dipikirkan mulai dari sekarang?

By the way, tau kan arti resolusi itu apa? Kalau belum tau, capek deh.. hehe 😀

Kalo masih ada yang belum tahu, mari kita cari tahu bareng-bareng. Udah pada laper kan? Makanya ayo nyari tahu. Ups! #gagalfokus hehe 😀

Fokus, fokus woi.

Resolusi itu adalah sebuah komitmen yang kita buat untuk mengubah sebuah atau beberapa kebiasaan dan gaya hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ada juga yang mengartikan sebagai hal-hal yang menjadi target, impian, dan cita-cita yang ingin diraih. Nah, sudah tau kan sekarang?

Jadi ayo siapkan kertas dan pulpen untuk segera menuliskan semua resolusi kita di tahun baru nanti.

 Kok harus ditulis? Kalau tidak ditulis nanti lupa. Ya ga? Selain itu ada alasan ilmiah yang berkaitan erat antara resolusi atau hal-hal yang ingin diraih dengan menuliskannya.

Harvard Business School pernah melakukan penelitian tentang hubungan antara memiliki resolusi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan dengan pencapaian resolusi atau cita-cita tersebut. Mau tau hasil penelitiannya seperti apa?

Ah masa? Ciyuss?? Miapah?? Hahaha 😀

Hasilnya sungguh ajaib!! Sebagian besar responden (84%) yang diteliti ternyata tidak memiliki resolusi. 13% memiliki resolusi tapi tidak menuliskannya. Dan hanya sebagian kecilnya, yakni 3% yang memiliki resolusi dan menuliskannya.

Setelah setahun, seluruh responden itu dicek lagi perkembangannya. Ternyata, 13% responden yang memiliki resolusi tapi tidak menuliskannya, memiliki penghasilan 2x lipat dibandingkan 84% responden yang tidak memiliki resolusi.

Dan, ini yang penting, 3% responden yang memiliki resolusi dan menuliskannya memiliki penghasilan 10X lipat dibandingkan 97% responden sisanya. Ajaib banget kan??

Hal ini membuktikan bahwa ada kaitan erat, sangat erat malah, antara menulis dan mewujudkan resolusi atau cita-cita, impian, dan target yang ingin dicapai oleh setiap orang. Singkatnya, tulisan memperfokus pikiran dan langkah kita.

Jadi kesimpulannya, tolong digaris bawahi dan diingat baik-baik ya, membuat dan memiliki resolusi itu penting, namun menuliskannya itu jauh lebih penting!

So, tunggu apa lagi?? Mumpung masih ada waktu, ayo kita buat resolusi tahun baru nanti sekarang juga!!

Salam,

@arasyidharman

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s