Picture-Picture GO

“Picture-picture Go!” Suara perempuan berambut pirang yang sejak kedatangan kami di Bandara Kansas City telah menemani hari-hari pertama kami di Kampus KU (Baca : University of Kansas), khususnya ketika kami melakukan tour the campus.

Kayla nama gadis itu. Muda dan energik adalah dua kata yang menggambarkan sosok wanita yang kemana-mana selalu mengendarai sepeda ini. Dialah yang menjadi pemandu ‘wisata’ kami untuk berkeliling kampus dan kota kecil Lawrence selama kami mengikuti Program IELSP. Selain itu, ia juga adalah mahasiswa tingkat akhir yang juga bekerja paruh waktu di kampus. Ia bekerja part-time di Kansas Union, semacam gedung pusat kegiatan mahasiswa, di bagian Information Center.

Ia selalu meneriakkan kata-kata “Picture-picture Go!” ketika kami harus segera berpindah dari satu tempat sementara kami masih sibuk berfoto ria. Hahaha… 😀 terkadang kami juga ikut meneriakkan “picture-picture go!” yang tak pernah gagal untuk membuat kami tertawa.

Ia juga yang menjemput kami di Bandara ketika kami tiba di Kansas City, salah satu kota metropolitan yang ada di Negara bagian Kansas. Dalam perjalanan dari Bandara menuju  Dormitory Hall, tempat kami akan tinggal selama kurang lebih delapan minggu di University of Kansas, ia menjadi teman ngobrol kami sekaligus sumber informasi tentang Kampus dan orang Amerika pada umumnya.

Sepintas ia terlihat agak tomboy, karena penampilan dan tempo bicaranya yang cepat. Namun, kesan itu akan berubah total ketika ia memakai gaun panjang dengan rambut yang dibiarkan terurai. Seketika kesan maskulin yang melekat dalam kesehariannya hilang. Ia tampak anggun dan cantik.

Kayla juga adalah salah satu AEC Conversation Leader, sebuah klub bahasa Inggris di kampus yang ditujukan kepada mahasiswa/i Internasional yang ingin belajar langsung dengan native speaker (mahasiswa/i Amerika) khususnya dalam bidang keterampilan berbicara/Speaking Skill.

Banyak hal (berkesan) yang saya dan teman-teman fellow grantees of IELSP alami bersama dengan Kayla dan beberapa teman Amerika selama kami mengikuti Program IELSP ini. Minggu pertama kami di KU, si nona Kayla inilah yang disibukkan oleh kami untuk mempersiapkan segala hal administratif sebelum kami secara resmi tercatat sebagai Mahasiswa Internasional untuk belajar di Applied English Center (AEC), yakni lembaga Bahasa Inggris-nya University of Kansas yang ditujukan kepada para mahasiswa Internasional yang ingin belajar Bahasa Inggris disana. Hal-hal seperti aktivasi KU Student Card, medical check-up, health insurance, dll.

Bahkan ia juga menemani kami untuk ke Shopping Spots di pusat kota Lawrence. Praktis, kami merasa seperti para wisatawan yang sedang liburan di Kansas. Hehe.. tak hanya itu, si nona bule yang suka membaca ini, juga menjadi penghubung dengan Supervisor kami selama Program berlangsung.

Tapi, sekitar dua minggu sebelum Program kami berakhir, Kayla pergi ke Jerman. Kami harus berpisah sebelum waktunya. Ia ikut program yang diselenggarakan oleh pemerintah Amerika bekerjasama dengan pemerintah Jerman dalam bidang pendidikan. Katanya ia akan menjadi Volunteer disana selama kurang lebih satu tahun. Ia akan mengajar Bahasa Inggris di Sekolah yang ada di Jerman. Keren dah. Muda, cantik, baik, pintar pula. Hehe..

Sebelum ia berangkat ke Jerman, Kayla menyempatkan diri mampir ke Dorm kami di Hasinger Hall lantai 7. Kami semua berkumpul di Lobby asrama, lantai 7. Ia menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf kalo sejak awal pertemuan kami hingga hari itu, ada hal-hal yang kurang berkenan di hati kami. Dia berjanji suatu saat nanti akan mengunjungi Indonesia dan menemui kami.

“You guys are awesome. I am gonna miss you guys. Please stay in touch!.”

Kata-kata Kayla sore itu saat ia berpamitan dengan kami. Tak nampak raut sedih di wajahnya. Tapi berbeda dengan kami. Ekspresi sedih jelas terlihat di wajah kami. Bahkan beberapa teman cewek ada yang menitikkan air mata. Hahaha.

Kami jelas akan merindukan “Picture-picture Go”-nya Kayla.

Sedih juga. Mudah-mudahan persahabatan kami dengan Kayla akan awet meskipun ga pake bahan pengawet. Hehe..

We owe you Kayla. Thanks so much for being our kind-hearted guide!

We will see you soon, not here in US, but in Indonesia.

Demikian sedikit coretan tentang si Bule Amerika, Kayla.

Hasinger Hall, Lawrence, Kansas

@arasyidharman

Advertisements

So what do you think? An angel smiles every time you leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s